Manfaat Kunyit Putih

Tak Hanya Sebagai Bumbu Dapur, Ini Manfaat Kunyit Putih yang Perlu Anda Ketahui!

Serisehat.com – Dalam kehidupan sehari-hari kita sudah terbiasa membahas tentang kunir berwarna kuning. Namun tahukah Anda bahwa ada jenis lainnya yang disebut dengan kunyit putih?. Hmm, kira-kira apa saja manfaat dari rempah-rempah dengan nama jawa kunir putih ini? Simak artikel selengkapnya!

1. Mencegah dan Menghambat Kanker

Kanker merupakan penyebab kematian nomor 7 setelah stroke, TB, hipertensi, cedera, perinatal dan DM. Kanker bekerja dengan cara merusak sel tubuh atau tumbuh secara tidak normal. Obat dari jenis umbi-umbian ini mengandung antioksidan yang menghindarkan kita dari kerusakan sel tubuh, salah satu penyebab timbulnya penyakit kanker.

Rasanya memang sedikit sepet dan pahit namun memiliki khasiat yang luar biasa. Bagian yang digunakan untuk pengobatan adalah rimpangnya. Inilah resep membuat ramuannya:

  • 15 gram kunyit putih
  • 10 gram temu putih (fungsinya menghambat, mencegah dan menghindari perkembangan cancer)
  • 3 gelas air (600ml) Air
  • 6 gram rumput mutiara.

Seduh semua bahan menjadi satu dan panaskan hingga aromanya tercampur rata. Anda bisa menambahkan bahan lain sesuai selera seperti misalnya : gula jawa. Tunggu hingga air berkurang setengahnya sekitar 300ml.

Minumlah 3 kali sehari/100ml sesudah makan untuk hasil yang lebih optimal. Berdasarkan Jurnal Farmasi dan Farmakologi, kandungan kunir putih bisa menghambat metastasis kanker dari satu organ ke organ lainnya.

2. Mengatasi Kista Rahim

Curcuma Zedoaria (nama ilmiahnya) dapat dikombinasikan dengan temu putih serta rumput mutiara dapat digunakan sebagai minuman herbal pengecil kista. Racikan ini aman digunakan sebagai pendamping obat-obatan dari dokter. Rumput mutiara berperan sebagai zat detox untuk mengeluarkan racun karsinogenik dari dalam tubuh.

Meminum seduhan rimpang ini dapat menangkal radikal bebas. Efeknya Anda akan terhindar dari segala penyakit berbahaya berat yang notabenenya disebabkan oleh racun serta perkembangan abnormal sel dalam tubuh.

3. Terbebas dari Tumor Otak

Tumor otak selain menyerang otak juga dapat mengganggu penglihatan penderitanya. Mengkombinasikan kunyit putih dengan madu kemudian diminum secara teratur mampu membebaskan penderita tumor otak dari rasa sakit yang dideritanya.

Cara ini termasuk aman bahkan tanpa operasi. Jika dibandingkan dengan tindakan pembedahan dapat merogoh kocek hingga 100 juta. Sementara kunyit putih 1 kilogramnya harganya hanya 100 ribu rupiah. 1000 kali lebih hemat, sangat murah meriah!. Cara ini sudah diterapkan untuk pengobatan dengan mengkombinasikan terapi pijat tradisional.

4. Obat Segudang Manfaat

Di China Kunyit Putih digunakan secara tradisional untuk mengatasi perut kembung, batuk, gangguan menstruasi, dispepsia, penghangat tubuh, demam, dan muntah. Sementara rimpangnya digunakan sebagai ekspektoran, penawar rasa sakit dan diuretik. Wow, amazing sekali yah sobat!

5. Memberikan Rasa Nyaman saat Diare

Aroma dari Kunyit Putih hampir sama dengan jenis umbi-umbian lain yaitu jahe. Akar, daun, dan minyak tanaman langka ini sering digunakan untuk ramuan tradisional. Namun penggunaannya sebagai bumbu masakan sudah jauh berkurang. Siapa sangka, jenis tumbuhan ini dapat mengatasi diare, lebih tepatnya meringankan gejala diare?. Kunyit putih memberikan rasa rileks pada perut Anda.

6. Meningkatkan Nafsu Makan

Mencampurkan kunyit putih dalam makanan juga mampu meningkatkan nafsu makan. Tidak heran jika ada supplemen makanan bernama curcuma plus karena senyawa kimia curcuma memang mampu menimbukan nafsu makan.

Jika dibuat untuk kebutuhan produksi memang seringnya berbentuk serbuk atau cair. Namun tidak perlu khawatir Anda bisa mencampurkannya sedikit sebagai bahan makanan dalam masakan Anda. Anda juga bisa menyulapnya menjadi minyak agar mudah digunakan.

7. Mengatasi Diabetes

Penggunaan rutin dan jangka panjang terkadang menurunkan kadar gula darah. Hal ini membuat seseorang merasa lemas. Efeknya juga akan mempengaruhi ke kegiatan lainnya sehingga penderitanya menjadi lesu dan tidak bersemangat.

Konsumsilah kunyit putih dan teraturlah melakukan kontrol ke dokter terdekat. Meskipun terdapat efek negatif, namun jika diterapkan secara tepat juga mampu menjadi obat bagi penderita penyakit tertentu salah satunya : diabetes.

8. Menyembuhkan Tukak/Luka Lambung dan Segala Penyakit pada Area Perut / Pencernaan

Jika Anda pernah mengalami gejala Typus, maka Kunyit putih dapat menjadi solusi. Dia mampu menjadi tentara pencernaan dan lambung Anda dari bakteri bernama E. Coli. Bakteri ini sering menjadi penyebab penyakit lambung.

Selain itu, kunyit putih juga akan menghadapi Staphylococcus Aeureus Bacteria, penyebab bisul, impetigo, selulitis, sepsis serta osteomielitis. Kunyit putih bermanfaat bagi pencernaan karena mengandung senyawa plafonoid dapat membantu radang pada usus.

Anda dapat mengubahnya menjadi bentuk pasta menggunakan bagian daunnya. Staphylococcus juga dapat menyebabkan infeksi pada folikel rambut lalu terjadilah abses pada kulit kepala Anda!. Sebelum itu terjadi atasi dengan konsumsi kunyit putih!

9. Meredakan Gejala Arthritis / Radang Sendi

Kunyit memiliki zat anti inflamasi. Parut kunyit putih dan seduh menggunakan air panas. Nikmatilah selagi hangat. Meminumnya selagi hangat dapat menimbulkan rasa rileks. Hal inilah yang menyebabkan kunyit putih juga diproduksi sebagai aromaterapi di luar negeri. Adapun seberapa sering penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan.

Namun amannya konsumsilah dalam jumlah sekitar 100 gram per hari atau secukupnya. Ingat, apapun yang berlebihan itu tidak baik! Zat diuretik diyakini ampuh mengobati nyeri sendi seperti rematik serta arthritis, menghilangkan zat beracun dalam tubuh serta cairan berlebih pada persendian.

10. Anti Alergi

Kunyit putih mengandung antihistamin. Zat ini berperan mengendalikan protein bersifat negatif kemudian berdampak pada peradangan. Kunyit putih akan memblok histamin supaya menghambat terjadinya reaksi alergi. Selain itu, zat curcuminoids juga bermanfaat untuk anti alergi serta menangani gejala alergi kulit. Kunyit jenis ini disebut mampu mengatasi demam karena khasiatnya mengobati infeksi dan memproduksi keringat.

11. Penyedap Rasa

Di negara Thailand, kunyit putih diiris kemudian dicampurkan ke dalam salad sehingga rasanya menjadi lebih segar. Di Indonesia sendiri tanaman ini menjadi bumbu berbentuk kari-karian. Saat ini ketertarikan masyarakat terhadap kunyit putih tergeser oleh jahe. Hal ini membuat kunyit putih sudah lebih sedikit digunakan dalam berbagai masakan.

Kandungan Kunyit Putih

Berikut ringkasan daftar kandungan kimiawi di dalam kunyit putih, diantaranya :

  • Kurkuminoid
  • Minyak Atsiri
  • Astringensia
  • Flavonoid
  • Sulfur
  • Gum
  • Resin
  • Tepung
  • Sedikit Lemak
  • Alkaloid
  • Phenol
  • Saponin
  • Glikosida
  • Steroid
  • Terpenoid
  • Bisdemothxycurcumin
  • Demothxycurcumin
  • Ethyl pmethoxycinnamate
  • Curcuma zedoaria

Fungsi Kunyit Putih

Berikut ringkasan fungsi kunyit putih, diantaranya :

  • Antimikroba
  • Antifungal
  • Antikanker
  • Antialergi
  • Antioksidan
  • Analgesik

Kunyit putih memang salah satu ratu jamu. Namun bagi Anda yang bertekanan darah rendah, jangan mengkonsumsi terlalu banyak. Kunyit putih dapat mempengaruhi tekanan darah sehingga dapat menyebabkan rasa pusing. Diklaim juga bahwa kunyit putih mampu mengencangkan otot wanita, mengatasi gangguan menstruasi (kecuali menstruasi berat), demensia dan lain-lain.

Nah itulah dia beberapa manfaat dari tumbuhan bernama lain white curcuma. Obat herbal ini berbentuk mirip jahe. Siapa sangka bahkan pembudidayaannya pun sudah merambah ke berbagai negara dan benua seperti Eropa, Amerika Serikat dan Asia. Anda dapat menemukannya di Bangladesh, Sri Lanka, India, Tiongkok, Jepang, Brazil, Nepal serta Thailand.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *