5 Cara Merawat Wajah Agar Awet Muda Tanpa Ribet

5 Cara Merawat Wajah Agar Awet Muda Tanpa Ribet

Kulit wajah yang tampak awet muda merupakan dambaan setiap wanita, tua maupun muda. Mengapa wanita muda juga baik-baik saja? Sebab wanita muda bisa menderita penuaan dini jika tidak bisa merawat kulit wajahnya dengan baik. Tampilan awet muda dan segar dapat dicapai tanpa perlu merogoh saku dalam-dalam.

Cara merawat wajah agar awet muda

Banyak ahli mengatakan yang perlu kita ketahui adalah dasar dari perawatan kecantikan yang sering terlupakan. Berikut tips rahasia untuk anak muda.

1. Jangan pernah meremehkan kekuatan humidifier.

Apakah kulit Anda kering, normal, atau bahkan berminyak? Jika Anda berusia 20 atau 30 tahun, pelembab akan melindungi kulit dari penuaan dini. Pelembap yang baik adalah yang dapat menambah kelembapan pada kulit, menjaga kelembapan dalam jangkauan, dan membantu kulit menghasilkan kelembapannya sendiri.

2. Tabir surya adalah produk anti penuaan terbaik

Sebelum Anda bertemu dengan ahli bedah plastik dan sebelum membeli krim anti penuaan yang mahal, coba gunakan tabir surya. Selain menghalangi efek sinar matahari, tabir surya juga mencegah efek berbahaya pada kulit wajah. Sinar matahari mengganggu produksi kolagen di kulit. Tanpa kolagen, kulit tidak akan terlihat kencang, terhidrasi, awet muda dan bebas kerutan.

Jika Anda terlalu banyak terkena sinar matahari, kerutan akan muncul sebelum waktunya. Tidak hanya itu, paparan sinar matahari secara terus menerus akan menyebabkan flek, flek, dan urat wajah membesar, kulit itu sendiri akan tampak kasar, bersisik, kendor, dan lembek. Tabir surya bisa melindungi kulit Anda dari berbagai kerusakan akibat sinar matahari, meski Anda menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari. Gunakan tabir surya dengan SPF 15 atau lebih. Bergantung pada faktor perlindungan matahari, tabir surya terus bekerja membengkokkan sinar matahari selama jangka waktu tertentu.

Jika Anda berencana untuk berjemur dalam waktu lama, oleskan kembali tabir surya setiap satu atau dua jam. Pilihan lainnya adalah dengan menggunakan tabir surya sebelum merias wajah (harus digunakan terlebih dahulu sebelum alas bedak). Kemudian untuk memperbaiki riasan, Anda bisa menggunakan bedak mineral yang tembus pandang untuk menambah pelindung wajah. Bedak ini mengandung tabir surya alami dan tidak cepat hilang dari kulit, sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan perlindungan dari sinar matahari.

Selain itu, ada helioplex, teknologi tabir surya terbaru yang mengandung bahan yang lebih efektif, Mexoryl SX. Bahan ini membantu melindungi kulit dari efek penuaan pada sinar UVB. Kebanyakan tabir surya terbatas pada perlindungan dari sinar UVB dan sinar UVA. Sedangkan efek gelombang pendek UVA merusak kolagen dan elastin yang lebih dalam yang mengakibatkan penuaan kulit.

4. Gunakan pembersih wajah dengan bijak.

Daripada hanya menggunakan sabun dan air, ada baiknya Anda memilih pembersih wajah yang lembut. Jangan sering-sering menyikat wajah, meski wajah Anda berminyak. Jangan hanya menggunakan bahan yang keras seperti sabun, membersihkan wajah sering kali dapat merusak kulit Anda. Membersihkan wajah lebih dari dua kali sehari dapat merusak pelindung lipid kulit, dan pelindung ini berfungsi melembapkan sehingga kulit tampak lebih sehat.

Ketika pelindung ini hilang, integritas kulit akan terpengaruh dan kulit menjadi kering. Kulit kering akan mudah pecah-pecah, mengelupas, gatal, kesemutan atau kombinasi keduanya. Anda juga akan terlihat lebih tua dari usia Anda. Jika Anda mengalami gejala seperti ini, solusinya cukup dengan membersihkan wajah sebanyak dua kali.

5. Gunakan vitamin A atau turunannya.

Bagi yang tidak menginginkan perawatan invasif untuk kulit keriput, Anda bisa mencoba retinoid. Hampir semua perawatan topikal anti penuaan menggunakan retinoid (turunan vitamin A). Dalam perawatan kosmetik, resep retinoid seperti Retin A atau Renova. Namun, ada juga retinoid yang kurang kuat yang tersedia di pasaran seperti retinol. Retinoid memiliki efek anti penuaan karena fungsinya meningkatkan produksi kolagen dan mencegah kerusakan kolagen.

Peneliti University of Michigan menemukan bahwa lotion retinol 0,4% yang diberikan 3 kali seminggu selama 24 minggu membuat perbedaan yang signifikan pada kulit keriput dibandingkan dengan lotion tanpa retinol. Namun, bagi Anda yang membeli retinoid harus waspada karena konsentrasi dan penggunaan yang tidak tepat dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan pada kulit. Menggunakan retinoid di bawah sinar matahari akan membuat kulit Anda terasa panas dan berkilau, sehingga disarankan untuk menggunakannya pada malam hari. Akan lebih baik jika Anda menggunakan reti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *