8 Cara Agar Rambut Tidak Mengembang Dan Kering

8 Cara Agar Rambut Tidak Mengembang Dan Kering

Rambut mahkota wanita. Setiap wanita pasti mendambakan rambut halus dan indah dengan ukuran yang pas. Rambut yang terasa tebal memang terlihat bagus, namun jika rambut terlalu mengembang tentunya tampilan juga akan terganggu.

Bagaimana menjaga rambut Anda agar tidak memanjang, wanita yang memiliki rambut keriting dan keriting sangat umum mengalami masalah ekspansi rambut ini. Ingin tahu cara menghindari rambut bengkak yang berlebihan? Simak 8 cara berikut untuk mencegah rambut Anda terlalu panjang:

1. Jangan mencucinya setiap hari

Akibat sering keramas dengan sampo, rambut bisa mengembang tidak merata. Alih-alih mendapatkan volume yang tepat, mencuci rambut setiap hari akan mengeringkan kulit kepala dan helai rambut Anda. Jadi yang terbaik adalah mencuci rambut sesuai kebutuhan. Setiap hari adalah frekuensi yang tepat bagi mereka yang menginginkan rambut indah.
Mencuci rambut dengan sampo sebenarnya merupakan cara untuk menghilangkan berbagai kotoran, termasuk minyak yang menyebabkan rasa gatal di kepala. Namun, minyak di kulit kepala sebenarnya sangat penting untuk menjaga kelembapan rambut. Jika Anda keramas setiap hari, otomatis rambut Anda akan menjadi kering dan mudah mengembang seperti rambut singa.

2. Jangan mengeringkan handuk

Permukaan handuk yang kasar dapat menyebabkan rambut saling menempel dan membuatnya semakin kusut, sehingga bila mengering dapat menyebabkan rambut rontok. Mengeringkan rambut dengan body towel juga menciptakan gesekan yang intens dan dapat menyebabkan rambut patah dan rontok.

Jadi, bagi yang masih menggunakan handuk untuk mengeringkan rambut setelah mandi, cobalah beralih ke kemeja atau tisu bekas yang sudah tidak terpakai.

Cara terbaik adalah mengeringkan rambut secara alami tanpa menggunakan handuk atau pengering rambut. Mengeringkan secara alami memang sangat lama, tetapi hasilnya sama persis dengan saat Anda menunggu rambut mengering.

3. Gunakan pengering ion

Jika Anda adalah orang yang sibuk dan Anda harus selalu menggunakan pengering rambut untuk mempersingkat waktu siaga, coba gunakan pengering ion. Jenis pengering ini berbeda dengan pengering biasa karena lebih cepat mengeringkan rambut. Dengan menggunakan ion dryer, ini akan “mengunci” rambut Anda dan tidak mengembang saat terkena kelembapan.

Namun jangan khawatir jika Anda sudah memiliki pengering rambut biasa di rumah. Anda tinggal menambahkan diffuser yang dihubungkan ke pengering biasa untuk menghindari bengkak setelah mengeringkan rambut.

4. Gunakan kondisioner yang dalam

Setelah keramas, agar rambut tetap lembap, cobalah deep conditioner supermarket. Menggunakan kondisioner akan melembabkan dan melapisi rambut, sehingga rambut Anda sulit mengembang karena terpapar kelembapan berlebih.

Untuk menggunakan kondisioner yang dalam, kerjakan semua kondisioner di kulit kepala Anda, sampai ke ujung rambut Anda. Pastikan seluruh bagian rambut terpapar kondisioner, tunggu 5-10 menit hingga efeknya terasa, lalu bilas hingga bersih.

5. Jangan gunakan produk beralkohol

Sebagian besar produk perawatan rambut seperti semprotan rambut mengandung alkohol yang dapat membuat rambut mengembang dalam jangka panjang. Sifat alkohollah yang dapat menyebabkan rambut tidak teratur dan rambut kering.

Jadi, jika Anda mengunjungi salon untuk mendapatkan perawatan rambut, periksa dulu apakah produk yang digunakan salon tersebut mengandung alkohol. Selalu periksa setiap kali Anda berbelanja produk perawatan rambut agar rambut Anda terlindungi dari paparan alkohol dan tidak lagi mengembang sebentar-sebentar.

6. Gunakan sisir bulu

Mereka yang memiliki rambut keriting akan merasakan rambut Anda mengembang 3 kali setelah disisir. Padahal, saat menyisir rambut mereka akan saling menjauh, membuatnya terlihat lebih halus.

Untuk menaklukkan kepintaran, ternyata bisa menggunakan sisir yang giginya terbuat dari axolotl. Jika dibandingkan dengan sisir yang terbuat dari bahan sintetis, sisir bulu babi akan membuat rambut terlihat alami dan mengembang.

Ini karena minyak alami yang terdapat pada bulu babi sangat baik untuk mendistribusikan minyak ke seluruh rambut. Sikat bulu ini bagus untuk mereka yang memiliki rambut keriting tetapi tidak ingin rambutnya membengkak terlalu parah.

7. Masker rambut seminggu sekali

Untuk mendapatkan rambut sehat tanpa peregangan berlebihan, lakukan perawatan sederhana dengan menutup rambut Anda seminggu sekali. Masker rambut banyak tersedia di pasaran, atau Anda juga bisa membuatnya secara alami dengan menggunakan bahan rumahan, seperti minyak zaitun, susu, minyak kelapa, lemon, dan madu.

Masking rambut akan menambah nutrisi yang dibutuhkan rambut untuk mengurangi pembengkakan rambut. Berikut beberapa manfaat yang Anda dapatkan dari masker rambut alami:

  • Virgin olive oil: Menjaga kelembapan pada rambut, sebagai conditioner alami, merawat rambut kering, membuat rambut berkilau
  • Susu: melembutkan rambut
    Lemon: Zat alami, yang menutup pori-pori di kulit kepala, menghilangkan minyak berlebih, dan membuat rambut lebih tipis dan halus.
  • Minyak kelapa: Kondisioner rambut yang sangat baik.
  • Madu: Menjaga kelembapan rambut, cocok untuk rambut kering dan kusam.
  • Cuka sari apel: menghilangkan minyak berlebih dan menghilangkan ketombe.

8. Gunakan serum yang mengandung silikon

Untuk perawatan rambut ekstra, gunakan serum yang menggunakan silikon. Silikon dalam serum rambut dapat “menjinakkan” rambut yang bengkak, serta melembutkan berbagai jenis rambut dengan ukuran berapa pun. Gunakan serum saat rambut Anda masih basah agar tidak licin karena sangat berminyak.

Berikut 8 cara mencegah rambut menjadi terlalu tipis yang bisa Anda lakukan di rumah. Sebagai mahkota bagi seorang wanita, tentunya rambut harus selalu dirawat demi menjaga keindahannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *