13 Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan Yang Aman

13 Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan Yang Aman

Pada dasarnya olahraga dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Tidak semua olahraga bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Jika tujuan Anda berolahraga adalah untuk menurunkan berat badan, pastikan setiap menit Anda berolahraga, Anda menggunakan trik di bawah ini untuk membakar lebih banyak kalori.

1. Lakukan lebih banyak latihan aerobik aerobik

Menurut Edward Jakowski, Ph.D., pendiri program pelatihan kebugaran EXUDE dan penulis Escape Your Weight, olahraga yang memungkinkan Anda melakukannya sambil berbicara tetapi sulit dilakukan saat mengobrol adalah ciri-ciri olahraga yang dapat menurunkan berat badan.

Berbeda dengan angkat beban, olahraga aerobik bisa membakar lebih banyak kalori. Inilah sebabnya mengapa seseorang yang sedang menurunkan berat badan harus menghabiskan 60% waktunya di gym untuk latihan kardio dan sisanya untuk jenis latihan lainnya.

2. Pilih olahraga yang benar-benar bergerak secara nyata

Meski Anda melakukannya selama 45 menit, olahraga melalui gerakan tidak akan membuat Anda menurunkan berat badan. Dari sudut pandang ilmiah, ada beberapa jenis olah raga yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Pedomannya adalah jika Anda tidak merasa sedang menghadapi angin dan bisa naik, bergeraklah lebih cepat. Jika Anda hanya bergerak dengan mantap, Anda hanya akan memiliki tubuh yang bugar, detak jantung yang lebih cepat dari biasanya seperti yang Anda lakukan di treadmill.

3. Lakukan secara bergantian dengan intensitas yang berbeda

Setiap kali Anda melakukan sesuatu yang berubah dengan aktivitas olahraga Anda, tubuh Anda akan mengalami proses adaptasi. Jika olahraga yang Anda lakukan membutuhkan banyak kerja keras, artinya latihan tersebut memberi tugas pada tubuh Anda untuk bekerja lebih keras dan tentunya membakar lebih banyak kalori.

Jika olahraga berat membakar lebih banyak kalori daripada olahraga dan meningkatkan metabolisme selama beberapa jam setelah meninggalkan gym, Anda dapat mempertahankan ritme olahraga. Alternatif lainnya adalah empat menit latihan kardio saat Anda berolahraga dan satu menit saat olahraga lainnya.

4. Jangan takut dengan beban

Meskipun angkat besi tidak benar-benar membakar lemak, itu membangun otot. Jika Anda membangun lebih banyak otot, Anda akan membakar lebih banyak kalori bahkan setelah meninggalkan gym. Hal penting lainnya adalah para trainer biasanya menitikberatkan pada menjaga pembentukan otot yang baik, sehingga ketika tubuh seseorang menjadi kurus maka tubuhnya akan tetap sempurna atau tidak terlihat lembek.

5. Lepaskan beban setiap kali Anda berolahraga

Apakah Anda merasakan sensasi pembakaran kalori yang Anda rasakan saat berolahraga di paha, terutama setelah olahraga berat? Ini berarti tubuh Anda memiliki ambang antena. Anda bisa berolahraga sekeras yang Anda bisa dan Anda akan membakar lebih banyak kalori.

6. Lakukan pembentukan otot bagian tubuh

Ini disebut pelatihan silang. Latihan ini membantu Anda untuk tidak fokus hanya pada satu area. Lakukan ini dengan mengganti otot kaki, tangan, paha, dll.

7. Jangan buang waktu di antara latihan

Istirahat di kamar mandi atau karena alasan lain akan menyebabkan detak jantung kembali ke ritme normalnya. Namun, jika Anda terus meningkatkannya, tubuh Anda akan bekerja lebih keras dan membakar lebih banyak kalori.

8. Lakukan pemanasan, terutama di pagi hari

Saat Anda mulai berolahraga di pagi hari, terutama setelah Anda bangun, jantung Anda akan terguncang setelah 50 menit. Orang yang melakukan senam aerobik tanpa pemanasan akan merasa lebih lelah sepanjang hari. Pemanasan selama 10 menit akan membuat Anda merasa lebih segar dan energik dan tentu saja membakar lebih banyak kalori.

9. Jangan berlebihan pada satu waktu

Latihan paling efektif membutuhkan waktu satu jam lima belas menit. Lebih tidak selalu lebih baik. Jika Anda terus memaksakan diri untuk berolahraga dalam waktu yang lama, berbagai risiko akan muncul seperti patah tulang, susah tidur, dan rasa lelah yang berlebihan. Hal ini justru akan menyebabkan Anda berhenti berolahraga secara teratur dan tidak mencapai berat badan yang Anda inginkan.

10. Libatkan semua otot saat berolahraga

Kebanyakan olahraga melibatkan semua otot Anda dalam satu sesi. Anda membakar lebih banyak kalori saat melakukan latihan punggung dan perut daripada otot bisep atau tangan. Memanfaatkan latihan yang mencakup semua bagian dalam satu sesi, misalnya dengan berlatih latihan papan.

11. Jenis latihan bervariasi

Jika Anda melakukan jenis olahraga yang sama setiap hari, tubuh Anda akan terbiasa. Tantang diri Anda untuk melakukan sesuatu yang baru. Atau, Anda dapat melakukan latihan berbeda dalam urutan berbeda, dan mencoba gerakan baru lebih sering dari biasanya. Ini tidak hanya untuk mencegah kebosanan tetapi juga untuk memanipulasi tubuh Anda untuk membakar lebih banyak kalori.

12. Berdiri di atas sesuatu di tanah

Saat Anda berdiri di atas bola Bosu, trampolin, balok keseimbangan, atau naik turun ground box, tubuh Anda menyesuaikan diri dengan menggunakan sejumlah otot untuk menghasilkan keseimbangan atau menantang gravitasi. Semua ini meningkatkan pembakaran kalori Anda.

13. Lakukan latihan HIIT satu atau dua kali seminggu

Latihan interval intensitas tinggi (HIIT) dapat meningkatkan laju metabolisme Anda selama 8 hari. Jika Anda melakukan ini setiap hari, tidak akan ada gunanya karena otot Anda tidak dapat mengatasinya. Tim akan muncul jika HIIT dilakukan dua kali dalam seminggu, tentunya dengan bantuan coach atau trainer profesional.

Hal terpenting tentang berolahraga adalah mendengarkan tubuh Anda. Jangan memaksakan diri terlalu keras untuk menghasilkan tubuh kurus dalam sekejap. Ada baiknya didampingi oleh coach atau trainer profesional untuk mengetahui batasan Anda dalam berolahraga dan tentunya untuk mendapatkan hasil yang paling sukses. Apakah Anda punya latihan yang bagus, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *