11 Jenis Makanan Penambah Berat Badan Bayi Yang Sehat

11 Jenis Makanan Penambah Berat Badan Bayi Yang Sehat

Memiliki bayi yang sehat dan ceria adalah dambaan setiap orang tua. Apapun kebutuhan anak, orang tua akan berusaha untuk memuaskan mereka semaksimal mungkin. Mereka ingin memastikan bahwa anak Anda sehat dan memenuhi semua kebutuhannya.
Kegemukan pada anak-anak

Berat badan yang ideal adalah sesuatu yang menunjukkan bahwa bayi Anda dalam keadaan sehat. Namun jika si kecil mengalami kekurangan berat badan, jangan khawatir, ada beberapa jenis makanan penambah berat badan bayi yang direkomendasikan untuk berat badan normal. Berikut daftar makanan untuk dicoba:

1. Pir

Buah pir merupakan salah satu jenis buah yang dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan berat badan ideal bagi buah hati Anda karena mengandung nutrisi yang dibutuhkan bayi Anda, seperti vitamin, serat dan zat besi. Anak Anda akan menyukai rasa pir yang segar dan manis. Sajikan segera sebagai camilan atau bisa juga dihaluskan terlebih dahulu.

2. Mangga

Siapa yang tidak suka mangga? Anak-anak kecil dan orang dewasa akan menyukai buah kuning yang lezat ini. Mangga mentah atau mentah sering kali digunakan untuk membuat salad.

Di balik rasanya yang enak, mangga mengandung nutrisi yang dibutuhkan anak-anak guna memberikan berat badan yang ideal, termasuk serat dan vitamin A. Vitamin A seperti yang kita ketahui juga bermanfaat untuk kesehatan mata bayi Anda.

3. Labu

Para ibu sering menggunakan labu sebagai makanan untuk bayinya. Labu sering dihaluskan dan kemudian dicampur dengan sayuran atau buah-buahan lain. Labu sangat bermanfaat dalam menambah berat badan pada anak karena mengandung kalori yang cukup. Ditambah lagi, labu kuning juga kaya vitamin dan antioksidan sebagai nutrisi untuk memblokir radikal bebas.

4. Pisang

Dalam satu buah pisang Anda bisa mendapatkan 105 kalori yang tentunya sangat bermanfaat untuk menambah berat badan pada bayi. Pisang bisa disajikan begitu saja atau dicampur dengan susu, dan juga bisa diolah menjadi puding lezat yang disukai si kecil.

Selain kandungan kalorinya, pisang juga mengandung vitamin C untuk mencegah sariawan serta karbohidrat yang membantu penambahan berat badan. Tapi ingat, berikan dia pisang ini setelah bayi Anda berumur 6 bulan ke atas.

5. Jus buah

Buah memang merupakan makanan sehat alami yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikan jus buah segar kepada anak karena membantu dalam mencapai berat badan ideal sesuai keinginan. Tapi jangan memberinya jus yang banyak, cukup satu cangkir per hari karena anak mungkin lebih suka jus dan tidak suka makan makanan lain, walaupun tentunya anak membutuhkan sumber nutrisi dari bahan makanan lain.

Pastikan untuk menyiapkan jus buah di rumah karena mengonsumsi jus buatan pabrik dapat berdampak negatif pada pemanis buatan pada anak Anda. Selain itu, jangan berikan jus saat perut kosong. Dikhawatirkan akan menimbulkan masalah atau gangguan pada perut anak.

6. Tahu

Selain buah yang disebutkan di atas, sumber makanan lain untuk menambah berat badan adalah tahu. Hidangan olahan dengan bahan dasar kedelai ini banyak mengandung protein dan kalsium untuk kesehatan tulang dan gigi. Berikan sekitar 3 atau 4 potong tahu kepada bayi untuk menambah berat badan. Tahu bisa direbus atau digoreng, tapi di minyak rendah lemak bermanfaat untuk kesehatan.

7. Minyak zaitun

Minyak zaitun sering direkomendasikan sebagai jenis minyak sehat yang baik untuk diet dan jantung Anda. Minyak zaitun mengandung lemak yang baik dan dapat digunakan untuk mendapatkan berat badan yang sehat dan ideal pada anak. Minyak zaitun juga memberikan khasiat untuk menjaga kesehatan kulit.

8. Kentang

Kentang yang enak disajikan dengan cara digoreng atau dihaluskan, yaitu kentang yang dihaluskan dan diberi bumbu serta susu untuk mendapatkan cita rasa yang nikmat. Nutrisi pada kentang dapat membantu menambah berat badan pada anak, terutama karbohidrat. Kentang juga mengandung mineral dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh.

9. Telur

Dalam 100 gram telur Anda dapat menemukan sekitar 13 gram protein. Protein ini bermanfaat untuk meningkatkan berat badan anak Anda. Bayi Anda juga membutuhkan vitamin A dan sumber vitamin B12 untuk membantu pertumbuhannya.

Mereka bisa mendapatkan nutrisi tersebut dengan memakan telur. Untuk mencegah alergi, ada beberapa aturan tentang pemberian telur pada anak. Jika bayi Anda berusia delapan bulan atau lebih, tidak apa-apa untuk makan kuning telur. Sedangkan anak usia 1 tahun atau lebih diperbolehkan makan seluruh bagian telur, baik kuning telur maupun putih telurnya.

10. Jagung

Banyak orang menyukai jagung rebus atau bakar. Jagung berpotensi membantu meningkatkan berat badan bayi atau balita Anda. Anda juga bisa mendapatkan khasiat tersebut dalam bentuk minyak jagung yang digunakan dalam makanan bayi Anda.

11. Susu almond

Almond sering disajikan sebagai campuran berbagai jenis kue dan makanan. Jika Anda ingin menambah berat badan bayi, maka Anda bisa menggunakan susu almond dan almond dengan lebih presisi. Untuk hasil terbaik, berikan susu almond secara rutin.

Di atas adalah beberapa makanan yang menambah berat badan anak. Sebelum mencoba memberikan bahan makanan tersebut, Anda harus mengetahui apakah makanan tersebut menyebabkan reaksi alergi pada anak Anda atau tidak. Selain itu, perhatikan juga usia minimal pemberian setiap jenis makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *