11 Cara Mengobati Diabetes Tradisional Secara Alami

11 Cara Mengobati Diabetes Tradisional Secara Alami

Dalam cara penanganan diabetes, fokusnya sebenarnya adalah mengatur kadar gula darah sehingga infeksi yang semakin parah dapat dicegah. Diabetes terdiri dari dua tipe, diabetes tipe 1 dan tipe 2, dengan kedua tipe tersebut memiliki tingkat risiko yang sama. Untuk mengatasi penyakit diabetes ini, ada beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan berbagai macam pengobatan dan mengkonsumsi banyak ramuan herbal, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Ginseng

Ginseng merupakan ramuan alami yang sangat baik untuk menurunkan kadar gula darah dan banyak komponen ginseng yang sangat bermanfaat untuk mengobati diabetes secara alami dan sudah dibuktikan dan diaplikasikan sejak lama oleh masyarakat China.

2. Akupunktur

Akupunktur adalah warisan lain dari kanopi bambu. Akupunktur adalah metode yang dilakukan dengan memasukkan beberapa jarum kecil ke titik-titik tertentu di tubuh dan sangat berguna untuk mengatasi keluhan dan penyebab diabetes serta mengontrol kadar gula berlebih dalam tubuh penderita diabetes.

3. Lidah buaya

Makan lidah buaya secara rutin sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai obat dalam mengatasi diabetes tipe 2. Bahan aktif dalam lidah buaya seperti anthraciumium, lektin dan makanan lainnya sangat baik untuk penyakit ini. Sedangkan gel atau lendir lidah buaya dapat digunakan untuk mengobati luka dan sariawan pada penderita diabetes tipe 2.
Kupas kulit bagian lidah, potong kecil-kecil, dan haluskan menggunakan blender secara rutin setiap hari.

4. Jahe

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengobati diabetes adalah penggunaan jahe. Jahe sangat bermanfaat dalam mengontrol kadar gula darah serta meningkatkan penyerapan gula darah ke dalam otot dan ini membuat insulin kurang dibutuhkan sekaligus menurunkan kadar gula darah yang sangat tinggi.
Anda bisa mencuci satu akar jahe yang sangat segar hingga bersih, kemudian menghancurkan jahe hingga kasar dan merebusnya dengan air agar kandungan unsur-unsur bermanfaat pada jahe bisa maksimal dan proses penyembuhan diabetes juga bisa lebih optimal.

5. Daun Salam

Daun salam dengan bau yang khas juga memiliki banyak manfaat dalam mengatasi diabetes, cara penggunaannya juga mudah yaitu dengan merebus 15 lembar daun salam dengan 3 gelas air sampai mendidih dan sisanya satu gelas. Peras dan saring daunnya, kemudian tunggu hingga hangat, lalu diminum dua kali sehari, dengan takaran 1 gelas tiap kali.

6. Daun kemangi

Salah satu daun yang sering digunakan untuk lalapan dan bahan campuran makanan yaitu kemangi juga banyak mengandung bahan yang bermanfaat bagi penderita diabetes. Nutrisi pada daun kemangi dapat digunakan untuk mengatasi sekresi insulin dalam tubuh agar kadar gula darah selalu normal. Konsumsi sayur segar daun kemangi secara rutin untuk mengobati diabetes, dan ingatlah untuk mencuci daun kemangi sebelum memakannya mentah.

7. Wanita jalang atau fenugreek

Tanaman jalang atau fenugreek yang berasal dari India adalah salah satu tumbuhan yang akan menambah rasa pada hidangan. Fenugreek juga memiliki kegunaan lain yaitu untuk mengobati penyakit kencing manis yaitu dengan cara menurunkan kadar gula darah sehingga penyakit kencing manis juga dapat dimakan secara teratur untuk menghindari kambuhnya penyakit kencing manis.

8. Bawang putih

Melalui berbagai penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa bawang putih memiliki banyak kegunaan dalam menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Nutrisi dalam bawang putih juga sangat baik dalam memperbaiki pankreas sekaligus merangsang pankreas untuk memproduksi lebih banyak insulin di dalam tubuh.

9. Kunyit

Kunyit telah lama digunakan sebagai metode pengobatan diabetes dan terbukti efektif. Caranya, rebus 1 kunyit bubuk dengan 1/2 sendok teh garam hingga mendidih dan disaring, lalu tunggu hingga hangat dan minum selama satu hingga dua minggu untuk mencegah komplikasi diabetes.

10. Mengkudu

Bau menyengat yang dihasilkan salah satu tanaman ini juga merupakan obat ampuh bagi penderita diabetes. Caranya, haluskan 1 buah mengkudu dengan blender lalu tambahkan dengan air hangat dan diminum hingga habis dua kali sehari hingga gula darah sembuh dan diabetes bisa disembuhkan.

11. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu asupan yang sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes dan telah terbukti mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 70 persen. Minyak zaitun yang tidak mengandung lemak jenuh dapat melindungi sel-sel tubuh dari berbagai kerusakan.

Asupan yang baik untuk penderita diabetes

Selain menjalani pengobatan tradisional dengan menggunakan ramuan herbal, penderita diabetes juga harus mengontrol asupan makanannya yang akan sangat membantu dalam menjaga kestabilan kadar gula darahnya.

Kale dan Procolo

Ada dua jenis sayuran yaitu kangkung dan brokoli yang mengandung sulforaphane yang berfungsi sebagai anti inflamasi dan juga akan melindungi pembuluh darah penderita diabetes sehingga dapat terhindar dari penyakit jantung.

Ikan salmon

Ikan salmon mengandung protein tingkat tinggi dan sangat baik untuk penderita diabetes. Ikan salmon juga bermanfaat dalam memerangi infeksi serta masalah pembuluh darah, seperti mencegah stroke dan penyakit jantung. Adapun cara pengolahan terbaik dapat dilakukan dengan cara mengukus atau memanggang ikan salmon, dan menghindari makan ikan salmon dengan cara digoreng karena menghilangkan kandungan manfaat ikan salmon tersebut.

Blueberry

Salah satu buah beri akan bermanfaat sebagai pengontrol hormon adiponekti, yang berfungsi mengatur kadar gula darah. Selain itu blueberry juga tinggi serat larut yang mengontrol lemak dan berperan baik dalam mengontrol kadar gula darah, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari.

Banyak bahan alami untuk mengobati diabetes dapat dengan mudah ditemukan dan harganya yang sangat murah dan semuanya dapat digunakan sebagai metode pengobatan diabetes yang telah terbukti efektif dan efektif dalam mencegah gejala yang ditimbulkannya dan mengobati diabetes ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *