9 Makanan Penyebab Jerawat Meradang Yang Harus Dihindari

9 Makanan Penyebab Jerawat Meradang Yang Harus Dihindari

Jerawat merupakan masalah yang paling sering diderita remaja, pria maupun wanita. Jerawat bukanlah penyakit berbahaya seperti kanker atau apapun. Namun, jika jerawat terus berlanjut, hal itu dapat berdampak negatif pada kita. Jerawat tidak hanya bisa menurunkan performa penampilan kita, tapi juga bisa menurunkan rasa percaya diri kita. Akibatnya kita akan merasa kurang nyaman mengobrol dengan orang-orang di sekitar kita.

Sebelum berjerawat, ada baiknya untuk mencoba mencegahnya. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah timbulnya jerawat adalah dengan melindungi jenis makanan yang kita makan. Ini karena ada jenis makanan tertentu yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

Perhatikan jenis makanan penyebab jerawat

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai jenis makanan penyebab jerawat. Berikut beberapa jenis makanan penyebab jerawat di wajah dan bagian tubuh lainnya.

1. Persiapan makanan cepat saji atau cepat saji

Salah satu jenis makanan yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat adalah fast food atau makanan instan. Biasanya makanan jenis ini memiliki rasa yang enak. Namun, jenis makanan ini menyebabkan munculnya lemak berbahaya di tubuh hingga timbul jerawat.

Dalam jangka pendek, lemak jahat dari fast food menyebabkan metabolisme tidak lancar, sehingga wajah dan tubuh yang terkena jerawat menjadi lebih gemuk. Dalam jangka panjang, makanan cepat saji dapat membuat tubuh terpapar berbagai penyakit seperti diabetes dan lainnya.

2. Makanan tinggi minyak

Jenis makanan yang mengandung kandungan minyak yang tinggi, seperti gorengan dan lainnya termasuk salah satu jenis makanan yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Makanan tersebut juga berdampak negatif bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan dan dalam waktu yang lama.

Makanan tinggi minyak, seperti gorengan, mengandung lemak berbahaya yang dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyulitkannya sebelum keluar sehingga menimbulkan jerawat, terutama pada wajah. Selain itu, kandungan lemak ini juga berpotensi menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

3. Makanan cepat saji

Fast food merupakan salah satu jenis makanan yang sering diperdagangkan di masyarakat saat ini. Banyak orang menyukai jenis makanan ini karena selain rasanya yang enak juga sangat mudah didapat. Namun dibalik rasanya yang enak, ternyata makanan cepat saji berdampak buruk bagi tubuh kita.

Kandungan lemak jahat yang terdapat pada makanan cepat saji dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan kelenjar sebaceous meradang sehingga memicu timbulnya jerawat. Oleh karena itu, bagi yang tidak ingin berjerawat, batasi asupan junk food Anda mulai dari sekarang.

4. Produk susu

Jenis makanan lain yang juga bisa memicu timbulnya jerawat adalah makanan yang berasal dari olahan susu sapi, seperti keju, yogurt, dan lainnya. Jenis makanan ini kaya akan kalsium yang baik untuk tubuh. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, ternyata makanan jenis ini bisa menimbulkan jerawat di tubuh, terutama di wajah. Kandungan hormon dalam produk susu bisa menyebabkan kelenjar sebaceous terus berkembang dan memicu timbulnya jerawat.

 

5. Tiram

Tiram sebenarnya merupakan salah satu makanan yang sangat kaya akan nutrisi yang dikandungnya. Namun jika tiram dimakan dalam jumlah banyak dan dalam jangka waktu yang lama, maka tiram akan berdampak buruk pada kulit kita, dan bukan tidak mungkin tiram menimbulkan banyak jerawat terutama pada wajah.

Selain itu, konsumsi kerang yang berlebihan juga akan berdampak buruk bagi kesehatan kita karena tiram pada umumnya sangat kaya akan kandungan mineral. Oleh karena itu, cukup mengonsumsi tiram dengan porsi sedang. Alangkah baiknya jika kita menjadikan sayur sebagai menu makan sehari-hari.

6. Makanan bertepung halus

Jenis makanan selanjutnya yang juga bisa memicu timbulnya jerawat adalah jenis makanan dengan banyak karbohidrat olahan. Karena karbohidrat olahan tersebut mengandung gula yang dapat meningkatkan insulin dalam tubuh.

Saat insulin meningkat di dalam tubuh, begitu pula testosteron sehingga bisa menyumbat pori-pori dan akhirnya berkembang menjadi jerawat. Beberapa makanan dalam makanan bertepung olahan adalah roti putih dan pai.

7. Makanan dan minuman yang mengandung kafein

Saat ini, ada banyak sekali makanan dan minuman yang mengandung kafein di sekitar kita. Minuman dan makanan jenis ini terasa enak dan biasanya memiliki efek stimulasi yang dapat memberikan efek baik pada kita. Namun, terbukti bahwa asupan makanan dan minuman jenis ini secara berlebihan dapat menyebabkan timbulnya jerawat di wajah kita.

Mengkonsumsi kafein secara berlebihan dapat memicu insomnia dan stres, sehingga lebih cenderung menyebabkan jerawat. Beberapa jenis makanan dan minuman yang mengandung kafein tinggi adalah coklat, es krim, teh dan kopi.

8. Makanan dan minuman yang mengandung alkohol

Makanan atau minuman yang mengandung alkohol memiliki banyak efek berbahaya bagi tubuh kita. Saat menyalahgunakan alkohol, tidak hanya kehilangan kesadaran, tetapi juga membuat seseorang dehidrasi dan mengeringkan kulit. Saat kulit mengering, inilah risiko timbulnya jerawat.

Karena itu, minuman jenis ini tidak dianjurkan, apalagi dikonsumsi berlebihan. Beberapa jenis makanan berbahan dasar alkohol, seperti permen dengan cairan, cookies dengan tambahan rum ball, selotip, dan lain-lain juga.

9. Makanan yang banyak mengandung garam

Jenis makanan lain yang juga bisa menyebabkan jerawat adalah makanan yang banyak mengandung garam. Dengan mengonsumsi garam berlebih, tubuh kita menahan banyak air, yang dapat menyebabkan dermatitis. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sangat asin.

Demikian informasi mengenai beberapa makanan penyebab jerawat yang bisa kami sajikan pada kesempatan kali ini. Selain makanan, ada banyak faktor lain yang juga bisa memicu timbulnya jerawat, seperti stres, peningkatan hormon, dan lain-lain. Semoga tampilan informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Sekian dari kami, semoga ini membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *