9 Cara Mengobati Mata Minus Ampuh Dengan Makanan Alami

9 Cara Mengobati Mata Minus Ampuh Dengan Makanan Alami

Bagi sebagian orang, mata negatif merupakan cacat yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Orang dengan rabun jauh (miopia) memiliki penglihatan kabur dan kabur, yang mengharuskan mereka memakai kacamata atau lensa kontak. Namun ternyata, ada berbagai cara untuk mengatasi mata yang tidak sempurna yang bisa dilakukan.

Cara Mengobati Mata Yang Kurang Dengan Bahan Alami

Ya, ternyata periode pengurangan bisa diperlakukan secara alami. Ini mungkin membutuhkan waktu yang lama dibandingkan dengan pembedahan, namun tetap bisa dilakukan. Ada beberapa jenis makanan yang bisa dijadikan salah satu cara mengatasi mata bersahaja, yaitu dengan menyehatkan mata kembali.

Mata jatuh bisa diatasi secara alami, namun langkah-langkahnya tidak mudah. Antara lain mengonsumsi makanan dan sayur yang kaya vitamin dan mineral yang dibutuhkan mata. Bayam, alpukat, beri, dan kacang-kacangan dapat membantu mengatasi masalah mata. Selain itu agar mata tetap sehat sebaiknya juga senam mata, dengan tujuan agar mata rileks dan tidak kaku. Penasaran dengan makanan apa saja? Yuk intip cara merawat mata minus di bawah ini!

1. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang kaya vitamin A, B, C, dan E. Sayuran ini juga mengandung mineral seperti seng dan zat besi. Namun yang membuat sayur ini istimewa adalah kandungan lutein dan zeaxanthin-nya yang dipercaya dapat menjaga kesehatan mata. Makan bayam setiap hari dapat mencegah penyakit mata seperti katarak, dan menjaga kesehatan kornea mata. Meski banyak orang yang tidak menyukai sayuran ini karena rasanya yang pahit, namun kandungan di dalamnya tetap baik untuk kesehatan mata.

2. Wortel

Sejak kecil, kami selalu diminta makan banyak wortel untuk menjaga kesehatan mata. Memang benar wortel bisa menjadi salah satu cara mengatasi mata mungil. Ini karena kandungan beta-keratin yang tinggi pada wortel, yang membuat mata Anda tetap sehat. Wortel ini akan lebih baik jika dikonsumsi mentah secara langsung, karena nutrisinya akan berkurang jika diolah kembali.

3. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran super yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, termasuk untuk mata. Dengan memasukkan brokoli hijau dalam makanan Anda setiap hari, mata Anda akan cepat sehat. Kandungan brokoli sekilas mirip dengan bayam, namun ada kelebihannya, kandungan vitamin dan mineral pada brokoli akan memperkuat otot mata, dan membuat mata tidak cepat lelah. Jika rutin makan brokoli maka badan tidak mudah lelah, tidak mudah stress dan memiliki penglihatan yang lebih baik.

4. Ikan

Ikan yang mengandung minyak dalam tubuhnya, seperti salmon, tuna, mackerel dan sarden merupakan salah satu sumber lemak omega-3 yang paling penting. Lemak tersebut berperan sebagai antioksidan yang melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Omega-3 juga membantu menjaga mata tetap terhidrasi, bersih, dan terjaga. Agar mata Anda tetap terjaga, Anda disarankan untuk makan ikan setidaknya dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

 

5. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi kekurangan mata. Alpukat mengandung lutein, beta-karoten, dan vitamin B, C, dan E. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, lutein adalah bahan yang sangat bermanfaat untuk mata Anda. Konten ini akan membuat mata Anda peka terhadap cahaya, sekaligus membuat mata Anda tidak terlalu lelah. Untuk mendapatkan efek dan hasil yang maksimal, sebaiknya konsumsi alpukat ini secara rutin.

6. Berries

Buah beri seperti stroberi, blueberry, atau raspberry dapat membantu mengatasi masalah mata! Buah yang kaya akan kandungan antioksidan bernama rhodopsin ini akan dengan cepat meregenerasi sel di dalam AMTA. Selain itu, kandungan ini juga memperlebar pembuluh darah dan memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh, termasuk tubuh. Jika seseorang mengonsumsi buah jenis ini secara rutin maka matanya akan terjaga dari iritasi dan kualitas penglihatannya akan meningkat.

7. Kacang

Seperti halnya ikan, kacang-kacangan juga banyak mengandung lemak omega-3 yang akan membantu mengatasi mata Anda. Kacang-kacangan seperti almond, walnut, dan kacang mede terbukti dapat memanjakan mata agar tetap sehat. Namun untuk menggunakannya, hindari dengan cara menggorengnya atau memakan kacang olahan. Hal ini akan mengurangi kandungan pada biji kopi, dan efek yang didapatkan tidak akan maksimal.

 

Nah, jenis makanan inilah yang bisa dijadikan alternatif cara mengatasi hal-hal negatif yang mengganggu Anda. Selain mengonsumsi makanan yang disebutkan di atas, Anda juga perlu sering-sering melakukan hal berikut untuk menjaga kesehatan mata:

8. Berkedip lebih sering

Salah satu cara paling sederhana untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan berkedip lebih sering dari biasanya. Ini akan membuat mata rileks dan tidak mudah lelah. Tapi meski sederhana, banyak orang tidak. Biasanya orang yang menggunakan komputer lupa berkedip yang membuat mata merah dan perih. Mata berkedip setiap 4-5 detik akan menghindari rasa sakit, kaku dan iritasi.

9. Olahraga mata

Jika Anda merasa mata selalu lelah, coba lakukan senam mata. Anda bisa berlatih olahraga ini dimanapun dan kapanpun, dan tidak memakan banyak waktu. Ada dua jenis senam mata yang bisa Anda lakukan:

Memutar mata dengan mata terbuka. Eye roll adalah cara paling efektif untuk meredakan mata lelah dan mata lelah. Cara melakukannya sangat mudah, Anda hanya perlu menggerakkan mata searah jarum jam sebanyak 5 kali. Kemudian putar jarum jam 5 kali berlawanan arah jarum jam. Lakukan ini pada setiap mata yang terasa lelah untuk menghindari iritasi yang mungkin terjadi.

Mata berputar dan mata tertutup. Berolahraga memalingkan mata dan menutup mata bisa dianggap sebagai “terapi” untuk mata Anda. Caranya sama seperti di atas, tetapi dilakukan dengan mata tertutup. Hal tersebut bertujuan untuk merelaksasikan dan menenangkan otot-otot di sekitar mata, sekaligus mengembalikan kelenturan dan menurunkan tingkat stres pada mata

Cara mengatasi kekurangan mata secara alami memang tidak langsung dan membutuhkan banyak waktu. Jika ingin segera menangani mata yang hilang ini, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter dan mencari solusinya dengan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *