8 Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air Yang Berlubang Dan Menghitam

8 Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air Yang Berlubang Dan Menghitam

Ketika kita masih muda, banyak dari kita yang benar-benar merasakan sakitnya cacar. Rasa terbakar, nyeri, menggigit, dan ketidaknyamanan di seluruh tubuh adalah pengalaman yang sangat ingin kita lupakan. Cacar adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh virus varicella zoster, yang menimbulkan banyak benjolan kecil di sekujur tubuh. Benjolan ini mungkin berisi cairan yang terasa nyeri saat pecah.

Cara menghilangkan bekas luka cacar secara efektif

Bagi sebagian orang dewasa, kenangan pahit cacar ini akan terbawa hingga usia tua. Pasalnya, ada beberapa bagian tubuh yang meninggalkan tanda-tanda cacar, mulai dari perubahan kulit hingga rambut tidak tumbuh. Berikut beberapa cara menghilangkan gejala cacar yang bisa Anda terapkan dengan mudah di rumah.

1. Oat

Ya, salah satu cara mudah menghilangkan tanda-tanda cacar adalah dengan menggunakan oat. Oatmeal yang terbuat dari gandum terbukti bermanfaat untuk kulit, dari mencerahkan hingga menghaluskan kulit. Oatmeal ini juga mampu menjaga kulit tetap terhidrasi, dan juga mampu membuat kulit lebih cepat pulih.

Untuk menggunakan oat pada bekas cacar, pertama-tama campur oat dengan air hangat untuk menghasilkan tekstur yang kental dan kasar. Pastikan campuran air oat sudah dingin, kemudian oleskan ke tanda-tanda cacar air. Biarkan selama 10 menit, lalu bersihkan dengan air.

2. Soda kue

Apa hubungan soda kue dengan menghilangkan bekas cacar? Jangan salah, baking soda mengandung bahan aktif dan mampu membersihkan sel kulit mati. Selain itu, soda kue juga dapat meredakan peradangan dan gatal-gatal pada kulit, yang pada saat bersamaan membuatnya tetap terhidrasi.

Cara membuat campuran baking soda sangat mudah, anda hanya perlu mencampurkan 2 sendok makan dengan secangkir air hangat. Aduk hingga terbentuk pasta, lalu oleskan pada permukaan kulit yang terdapat tanda-tanda cacar. Setelah itu biarkan selama 10 menit lalu bersihkan dengan air.

3. Air kelapa

Air kelapa merupakan salah satu bahan yang dapat menghilangkan bekas cacar secara alami. Selain rasanya yang manis dan gurih, air kelapa mengandung beberapa bahan yang bermanfaat untuk kulit. Mineral di dalamnya juga telah terbukti membuat kulit lebih sehat.

Anda bisa menggunakan air kelapa ini dengan mengoleskannya langsung pada bekas luka cacar. Cara lain untuk melakukannya adalah dengan mencampurnya dengan air sebelum direndam. Anda juga bisa meminum air kelapa untuk memperbaiki kulit dari dalam tubuh.

4. Madu

Madu dihasilkan dari alam, dan sifatnya pasti alami. Beberapa komponen madu sangat bermanfaat untuk kulit, salah satunya menghilangkan bekas cacar. Madu yang dikenal sebagai pelembab kulit alami, mampu mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi kulit lebih cepat.

Anda bisa mencampurkan madu ini dengan oatmeal sebelum mengaplikasikannya untuk mendapatkan efek yang maksimal. Lalu oleskan pasta campuran oat dan madu ini dengan lembut pada kulit bekas cacar. Biarkan mengering di kulit selama sekitar satu jam, lalu bersihkan dan bersihkan dengan air.

5. Pepaya

Pepaya adalah salah satu jenis buah yang terbukti bermanfaat untuk pencernaan. Namun ternyata pepaya juga baik untuk kulit. Kandungan dalam buah pepaya dapat membantu menghilangkan bekas luka akibat penyakit cacar. Pepaya juga terbukti dapat melembabkan kulit dan mengangkat sel kulit mati dengan cepat.

Anda bisa menggunakan pepaya dengan mencampurkan pepaya dengan gula merah dan susu putih. Campur ketiga bahan tersebut hingga membentuk pasta, lalu oleskan pada kulit yang terdapat tanda-tanda cacar. Setelah 10 menit, bersihkan campuran dari kulit Anda dengan sabun dan air hangat.

6. Lidah buaya

Lidah buaya terbukti memiliki khasiat yang baik untuk rambut dan kulit, terutama dalam menghilangkan bekas luka. Padahal, lidah buaya merupakan salah satu jenis tanaman yang dipercaya sebagai obat all-in-one untuk segala hal. Ini karena lidah buaya mengandung bahan yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita.

Gunakan lidah buaya ini dengan memotongnya menjadi dua dan menghilangkan gel di dalamnya. Oleskan ke kulit cacar dan gosok perlahan selama beberapa menit. Setelah itu diamkan beberapa menit hingga kering. Untuk hasil terbaik, lakukan ini dua hingga tiga kali sehari untuk hasil terbaik.

7. Lemon

Lemon, salah satu buah jeruk, telah terbukti memiliki manfaat penyembuhan, terutama pada kulit. Kandungan kolagen pada lemon mampu meremajakan kulit secara alami, yang juga dapat menghilangkan bekas cacar.

Anda bisa mengoleskan lemon ini langsung ke bagian kulit bekas cacar. Caranya adalah dengan menggunakan bola kapas pada cairan lemon yang Anda peras tadi. Kemudian biarkan selama 15 menit hingga kering. Bersihkan setelahnya, dan lakukan perawatan ini selama dua minggu secara rutin untuk hasil terbaik.

8. Minyak kelapa

Tidak jauh berbeda dengan air kelapa, minyak kelapa juga memiliki khasiat untuk menghilangkan bekas luka. Minyak kelapa mengandung bahan yang dapat membuat kulit lembut, terhidrasi dan juga meremajakannya. Sel kulit mati yang terpapar minyak kelapa akan terangkat, sehingga sel kulit yang sehat muncul dengan cepat.

Biasanya minyak kelapa yang paling banyak digunakan untuk masalah kulit adalah minyak kelapa extra virgin. Caranya sangat mudah, cukup oleskan minyak ini pada area cacar dan biarkan mengering dengan sendirinya. Untuk hasil terbaik, lakukan ini 3 hingga 4 kali sehari.
Beginilah cara menghilangkan bekas cacar bisa dilakukan. Apakah tidak mudah menghilangkan tanda-tanda penyakit cacar? Faktanya, metode yang tidak wajar seperti menggunakan bahan kimia atau melakukan operasi lebih cepat. Tapi itu juga tidak murah, dan ada resikonya sendiri. Jika Anda masih bingung harus menggunakan cara alami atau tidak, temui dokter kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *